Senin, 06 September 2010

Rujak Soto


Entah kenapa saya jadi ingin sekali menulis post tentang Rujak Soto. Mungkin karena saya sangat suka sekali dengan masakan khas Banyuwangi yang satu ini. Yah, boleh dikatakan sekarang saya sedang dilanda gejala 'ngidam' rujak soto setelah sekian lama tidak melahapnya (iya lah, di Surabaya ngga ada yang jualan eh).
Kedengarannya memang sedikit aneh bagi yang belum  pernah tau ketika pertama kali mendengar namanya, "rujak kok dicampur soto?? enak po??" kalimat itu yang sering saya dengar dari beberapa teman. Huh, andaikan saja mereka pernah nyicipi. *aku ae kecanduan lhooo, wekekekek*. Uda ah basa - basinya, gak penting.

Rujak Soto adalah masakan khas dari tanah kelahiran saya, Bayuwangi, Jawa Timur.
Makanan ini adalah perpaduan antara rujak dan soto, jadi rumusnya RUJAK + SOTO = RUJAK SOTO *halah*. Rujak yang saya maksud bukanlah rujak buah melainkan rujak yang terdiri dari sayuran + lontong + bumbu kacang (bumbu kacangnya juga nggak seperti bumbu kacang lain, ada bumbu kacang khusus rujak lah pokoknya). Nah, baru setelah rujaknya jadi, disiramlah soto babat di atasnya (ada juga yang soto ayam atau soto ceker, sesuai selera penjual lah). Biasanya ditambah sedikit kecap agar terasa lebih mantaff dan yang tidak boleh ketinggalan adalah KERUPUK yang hukumnya wajib ada!!!.

Di Banyuwangi sendiri, penjual rujak soto bisa ditemukan dimana - mana, tapi biasanya hanya buka saat siang hari. Saya tidak bisa memberitahukan tempat dimana rujak soto yang paling enak dijual karena saya agak erorr dalam hal yang satu itu. Bagi saya, setiap rujak soto yang saya makan pasti nikmattt. wkakakakakak.

Kalau penasaran silahkan datang ke Banyuwangi dan rasakan sensasi nikmatnya rujak soto !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis segala komentar, kritik, saran, pertanyaan atau apa aja lah, yang penting sopan. okeoke?