Minggu, 12 September 2010

Berbagi Koneksi Internet, Membuat Hotspot dengan Modem GSM. (Setting untuk WINDOWS 7)


 *Kalau ada yang merasa kurang sreg dengan judulnya, mohon maaf ya, saya sendiri super bingung nyari judul yang pas*
          Ketika saya membaca post di sebuah blog milik teman saya tentang cara sharing koneksi internet dengan modem melalui wifi, seketika saya langsung tertarik untuk mempraktekkannya. Sayangnya, tutorialnya untuk sistem operasi Windows Vista, sedangkan komputer saya menggunakan sistem operasi Windows 7, jadi agak sedikit berbeda. Namun, saya memutuskan untuk tetap mengikuti tutorialnya dengan sedikit ‘mencari yang kemungkinan dimaksudkan’ oleh penulis. Sebenarnya saya sudah mencoba untuk mencari tutorial tentang hal yang sama khusus untuk Windows 7, tapi cara yang ditawarkan sedikit ribet kalau menurut saya. Belum apa - apa harus download & Install software baru, ditambah lagi ternyata menurut penulis, koneksinya terbatas hanya pada LAN/ADSL saja, tidak bisa kalau menggunakan modem GSM. That's worthless for me. *Iya lah, aku kan biasa connect ke internet pake modem GSM*. Jadilah saya 'nekat' untuk mencoba cara yang ditujukan untuk Windows Vista (karena setau saya, Vista & Seven ga  jauh beda) dengan sedikit modifikasi di bagian - bagian tertentu sesuai keadaan di Windows 7. Sudahlah, capek basa – basinya. Mari langsung saja mulai praktek.
*Disini saya menggunakan modem huwaei + paket internet dari Operator Tri (3).
1.       AKTIFKAN PEMINDAI WIFI pada komputer/laptop anda. Pastikan dalam keadaan ON.
2.       Pastikan modem dalam keadaan offline.
3.       Klik pada icon connections yang ada di toolbar.

Akan muncul kotak daftar koneksi seperti di atas.

4.       Pilih modem yang akan kalian gunakan (disini saya pakai 3data), kemudian klik kanan – Properties.

5.        Akan mucul sebuah dialog box, kemudian klik tab Sharing dan atur seperti pada gambar.
Setelah itu, klik OK.

6.       Nah, sekarang kita mulai set up wifi nya. Klik Control Panel – Network and Internet – Network and Sharing Center – Set Up a New Connection or Network. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar.

Pilih Set up wireless ad hoc (computer-to-computer) network, kemudian klik Next dan akan muncul dialog box seperti ini.

Klik Next.

7.       Setelah itu akan muncul dialog box lagi. Isikan Username dan Security Code sesuka anda.

Klik Next.

8.       Kalau konfigurasinya berhasil, nanti akan muncul seperti ini.

Klik Close.

Sekarang, koneksi internet via wifi sudah tersedia. Jadi, tiap kali kalian online, kalian juga bisa mengajak teman yang lain untuk ikut menikmati koneksi internet lewat wifi yang kalian ciptakan sendiri.
Bisa langsung dicoba. Silahkan pinjem laptop teman atau bagi yang punya HP dengan fasilitas wifi juga bisa. Pokoknya segala macam gadget yang ada wifi nya lah.
Selamat Berbagi ^^.

*berhubung saya masih belajar dalam hal - hal membuat yang beginian, jadi kalau ada kritik, saran atau mungkin kurang jelas, langsung komen aja atau PM lewat Y!messenger. Terimakasih ^^.*


download tutorial ini dalam versi pdf.
Atau download disini.

==== Jika ada gambar seperti ini
klik tulisan SKIP AD  setelah itu akan langsung di-direct ke link download ============


3 komentar:

  1. boleh nanya ??
    untuk point 5 kok tampilannya beda (ada logo security), truz point 5 anda ada kotak home network connections.
    untuk point 6 setup wireles adhoc itu saya gak ada.

    jd saya gag bisa mengikuti petunjuk anda, mohon pencerahannya

    BalasHapus
  2. maaf saya agak kurang paham dengan maksud anda yg "ada logo security".
    win7 anda yg home premuim ya??
    kalau memang tidak ada kotak home network connection, centang saja semua check box yang ada di tab sharing tsb.
    untuk setup wireless ad hoc, coba anda buka Control Panel – Network and Internet – Network and Sharing Center, kemudian di bagian kiri atas klik " Manage wireless networks " kemudian klik Add dan klik create an add hoc network.

    semoga penjelasan saya bisa sedikit membantu ^^. kalau masih ada yg ditanyakan, langsung ketik ajaa. makasi sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  3. mantab gan, ane dah bisa
    thanks yaa ilmunya

    BalasHapus

Silahkan tulis segala komentar, kritik, saran, pertanyaan atau apa aja lah, yang penting sopan. okeoke?