Minggu, 26 September 2010

Temukan dan Jalani Apa yang Menurut Anda Benar!

 Apa yang akan saya tuliskan disini merupakan sebuah keputusan dari proses yang tidak bisa dikatakan mudah ataupun sebentar. Kalau boleh jujur, sebenarnya hingga saat ini pun saya masih banyak ragu akan apa yang saya yakini sekarang ini, tapi saya terus berusaha untuk terus meyakinkan diri saya sendiri bahwa inilah yang terbaik bagi saya. Saya adalah seorang pribadi yang secara usia serta status pendidikan sudah dapat dikatakan sebagai pribadi yang harus bisa menentukan mana yang baik atau yang buruk bagi diri sendiri. Saya hanya mencoba untuk mengikuti kata hati serta menyingkirkan segala yang mengganjal dalam hati saya.

Semua bermula dari lirik sebuah lagu. Begitu inspiratif hingga membuat hati serta pikiran saya mengalami kekacauan. Lirik dari lagu berjudul You're Free. Begini liriknya.
’cause you’re free
To do what you want to do
You’ve got to live your life
Do what you want to do
Mendengar lagu itu, saya jadi tersadar. Saya manusia yang bebas. Okay, memang tidak bebas sebebas-bebasnya, tapi saya punya hak untuk menentukan jalan hidup saya sendiri. Menentukan mana yang terbaik
bagi diri saya karena hanya saya yang tau bagaimana keadaan saya yang sebenarnya. Toh, nantinya kalaupun jalan yang saya ambil itu salah, diri saya sendiri lah yang akan bertanggungjawab atas segala konsekuensinya.
Selama beberapa waktu saya masih berpegang teguh pada pendirian itu, hingga pada akhirnya tergoyahkan saat saya menghadapi  sebuah keadaan dimana saya harus memilih antara rasa takut dan kebebasan saya.
Ternyata, rasa takut saya lebih dominan dan menyongkirkan pendirian saya sebelumnya. Hati saya tidak ikhlas sebenarnya, tapi saya terpaksa menjalaninya.

Setelah beberapa saat hidup dalam belenggu ketakutan, saya kembali disadarkan oleh sebuah statement dari seseorang yang lebih dewasa daripada saya. Orang tersebut berkata kira - kira seperti ini 
Disini saya menganggap kalian sebagai individu dewasa yang sudah bisa menentukan mana yang baik serta mana yang tidak baik bagi diri kalian. Jangan pernah melakukan sesuatu jika kalian merasa terpaksa melakukannya".
 Hati saya kembali terketuk ketika mendengar statement itu. "Hoaah, sepertinya saya selama ini sudah salah jalan" itulah yang saya katakan dalam hati.

Memang hati saya belum sepenuhnya yakin atas diri saya sendiri. Saya masih sering mepertimbangkan lagi keputusan saya. Saya masih mencari sesuatu yang membuat saya lebih yakin lagi. Hingga akhirnya saya menemukannya. Menemukan pencerahan dari sebuah forum yang sebelumnya kurang saya minati. Disini saya tidak akan menjelaskan tentang apa yang dibicarakan dalam forum itu, tapi saya akan menuliskan kalimat - kalimat terakhir sebelum forum ditutup yang dilontarkan oleh pembicara. Begini kira - kira
Hanya diri kita sendiri yang bisa tau mana yang benar bagi diri kita. Bukan Orang Lain. Komitmen, jalani, temukan jalan yang menurut anda benar. Kalaupun nantinya ada sesuatu yang tidak kita inginkan, terimasaja. Itulah konsekuensinya. Jika pada suatu ketika kita tersadar bahwa jalan yang kita ambil salah, kembalilah ke jalan yang menurut anda benar. Jangan menyalahkan orang lain yang mengambil jalan berbeda dengan kita, karena yakinlah mungkin menurut orang tersebut jalan yang diambilnya merupakan jalan terbaik bagi dirinya sendiri.
Saya menjadi semakin yakin pada diri saya sendiri. Saya merasa mendapat begitu banyak dukungan. Saya merasa tergerak untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri dan bebas tanpa melupakan tanggung jawab karena pada dasarnya, dari dulu saya tidaksuka saat ada yang terlalu mengekang saya. Saya tidak suka "diruweti". Terimakasih untuk semua orang yang telah memantapkan keyakinan saya pada diri sendiri . Allah akan selalu me-rahmati Anda semua ^^.

Sekarang saya berharap agar saya akan tetap yakin pada diri saya sendiri. Saya akan berusaha untuk tetap mempertahankannya. Semoga tidak akan ada ketakutan lagi, tidak akan ada hal - hal yang akan menggoyahkan keyakinan saya lagi. Amiin -.-

5 komentar:

  1. soooooo sweeeettt hehehehe heehh awkmu bikin web ini ndek mana yang saya pnya hanya blog

    BalasHapus
  2. rasanya saya tahu siapa yang bilang "Disini saya menganggap kalian sebagai individu dewasa yang sudah bisa menentukan mana yang baik serta mana yang tidak baik bagi diri kalian. Jangan pernah melakukan sesuatu jika kalian merasa terpaksa melakukannya".
    hehehehehe

    BalasHapus
  3. Hahahaha siapapun anda, sepertinya anda mengenalnya dan mungkin juga pernah diberi 'wejangan' seperti itu. ekekekeke.

    BalasHapus
  4. Dalam perjalannan kehidupan, kamu belajar tentang dirimu sendiri..
    Dan menyadari bahwa penyesalan tidak seharusnya ada..
    HANYALAH penghargaan abadi atas pilihan-pilihan kehidupan yang telah kau buat..


    Tak seorang pun sempurna..
    Mereka yang mau belajar dari kesalahan adalah bijak..
    Menyedihkan melihat orang berkeras bahwa mereka BENAR meskipun TERBUKTI SALAH..
    Apa yang berada di belakang kita dan apa yang berada di depan kita
    adalah perkara kecil berbanding dengan apa yang berada di dalam kita..


    Kamu tak bisa mengubah MASA LALU..
    tetapi dapat menghancurkan MASA KINI dengan mengkhawatirkan MASA DEPAN..
    Bila Kamu mengisi hati kamu..
    dengan penyesalan untuk masa lalu dan kekhawatiran untuk masa depan,
    Kamu tak memiliki HARI INI untuk kamu SYUKURI..
    Jika kamu berpikir tentang HARI KEMARIN tanpa RASA PENYESALAN
    dan HARI ESOK tanpa RASA TAKUT,
    berarti kamu sudah berada DI JALAN yang BENAR menuju SUKSES.!!!

    *dari anonim yg di d atas

    BalasHapus

Silahkan tulis segala komentar, kritik, saran, pertanyaan atau apa aja lah, yang penting sopan. okeoke?