Selasa, 01 Maret 2011

PRAKTIKUM SISTEM DIGITAL MODUL 4

1. Jelaskan apa yang dimaksud oleh Memory
         Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Sebagian besar komputer memiliki hirarki memori yang terdiri atas tiga level, yaitu:

  • Register di CPU, berada di level teratas. Informasi yang berada di register dapat diakses dalam satu clock cycle CPU.
  •  Primary Memory (executable memory), berada di level tengah. Contohnya, RAM. Primary Memory diukur dengan satu byte dalam satu waktu, secara relatif dapat diakses dengan cepat, dan bersifat volatile (informasi bisa hilang ketika komputer dimatikan). CPU mengakses memori ini dengan instruksi single load dan store dalam beberapa clock cycle.
  • Secondary Memory, berada di level bawah. Contohnya, disk atau tape. Secondary Memory diukur sebagai kumpulan dari bytes (block of bytes), waktu aksesnya lambat, dan bersifat non-volatile (informasi tetap tersimpan ketika komputer dimatikan). Memori ini diterapkan di storage device, jadi akses meliputi aksi oleh driver dan physical device.




2. Jelaskan apa yang dimaksud RAM dan ROM, dan operasi – operasi di dalamnya
         Read-only Memory (ROM) adalah istilah bahasa Inggris untuk medium penyimpanan data pada komputer. ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory, ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam computer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.
          Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

3. Jelaskan type – type dari jenis ROM dan RAM
          Jenis RAM terbagi menjadi 2 jenis yaitu type RAM statik dan dinamik. Type RAM statik merupakan salah satu jenis RAM dimana datanya disimpan dalam bentuk data logic. RAM tipe ini dibuat dari rangkaian-rangkaian flip-flop yang dapat menyimpan satu bit informasi, dan informasi yagn disimpan akan tetap stabil selama catu daya listriknya juga stabil. Pada RAM type Dinamik, merupakan tipe RAM yang lain dimana satu bit informasinya disimpan dalam bentuk muatan-muatan listrik. RAM tipe ini dibuat dengan teknologi MOS (Metal Oxide Semiconductor) sebagai sel memor elementer, dimana teknologi ini sangat sensitif terhadap perubahan tegangan listrik. Untuk melakukanpembacaan datu atau menulis ke serpih memori, maka RAM akan melakukakn proses sebagai berikut: memberikan isyarat ke alat yang sedang dihubungi oleh signal pemilih serpih (chip select=CS) atau menjalankan serpih (chip enable=CE) yang kemudian dihubungkan dengan alamat bus. Yang kedua yaitu menyediakan alamat kata yang terpilih di dalam memori. Kapasitas RAM yang ada pada saat ini yaitu, 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1024 MB (1 GB).
         Tipe-tipe ROM ada beberapa jenis, yaitu :

  1. PROM (Programmable Head Only Memory). Tipe yang dapat dibaca dan diprogram langsung oleh pemakai dengan menggunakan pemrograman khusus, tetapi hanya satu kali.
  2. EPROM (Erasable PROM) Tipe yang dapat ditulis berulang kali (tetapi ada batasannya) dengan menggunakan sinyal listrik dan proses penghapusannya menggunakan sinar ultraviolet(UV).
  3. EAROM (Electrically Alterable ROM) Tipe ROM yang dapat diubah secara elektris dan dapat dibaca atau ditulis, tetapi tidak perlu dihapus seluruh bagiannya dan dapat diubah satu persatu.
  4. EEROM (Electrically eraseable ROM) Tipe ini sama saja dengantipe EPROM, hanya saja proses penghapusannya dapat menggunakan sinyal listrik (dan semuanya dapat dihapus).
Download Modul Praktikum Sistem Digital Lainnya.

==== Jika ada gambar seperti ini
klik tulisan SKIP AD  setelah itu akan langsung di-direct ke link download ============v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis segala komentar, kritik, saran, pertanyaan atau apa aja lah, yang penting sopan. okeoke?