Sabtu, 15 Januari 2011

MODUL 1 PPT

Jawaban Soal Pendahuluan
1.       Online Judge adalah sistem online yang berfungsi untuk menguji program – program dalam kontes pemrograman. Online Jugde juga bisa berfungsi sebagai media penunjang latihan untuk kontes pemrograman. Jenis – jenis kesalahan yang muncul dalam online judge adalah sebagai berikut :
a)      Wrong Answer               : ini berarti jawaban yang di-submit tidak benar (salah).
b)      Presentation Error         : ini berarti permasalahan yang diberikan sudah terselesaikan, namun ada beberapa kesalahan pada format outputnya (tidak sesuai dengan format output yang diminta).
c)       Compile Error                  : ini berarti hasil yang di-submit tidak dapat di-compile atau dalam source code ada beberapa code yang seharusnya tidak diperbolehkan, contoh : ada code #include <conio.h>,  getch ().
d)      Runtime Error                 : ini berarti ada kesalahan yang terjadi pada saat suatu program dijalankan. Kesalahan jenis ini disebabkan karena waktu suatu perintah dieksekusi, sistemnya sendiri yang tidak siap menerima perintah tersebut, bisa saja disebabkan permintaan yang dilakukan sedang tidak tersedia, atau karena penyebab secara teknis lainnya.
e)      Time Limit Exceed         : ini berarti program yang kita buat memiliki waktu proses melebihi waktu yang ditentukan.
f)       Memory Limit Exceed : kapasitas memori program yang dibuat melebihi kapasitas yang ditentukan.
g)      Output Limit Exceed    : program menghasilkan output terlalu banyak.
h)      System Error                   : program tidak dapat dijalankan.
i)        Validate Error                  : output gagal di-cek karena kemungkinan terdapat bugs dalam program. Bisa juga karena output dalam program / source code yang dibuat salah.

2.       Tipe data
a)      Char               : mempresentasikan data – data yang berupa karakter. Memiliki rentang antara -128 sampai 127.
b)      Int                  : mempresentasikan data – data yang berupa bilangan bulat. Memiliki rentang antara -32.768 sampai 32.767
c)       Float             : mempresentasikan data – data yang berupa riil (real).
d)      Long int       : mempresentasikan data – data yang berupa bilangan bulat. Memiliki rentang antara -2.147.483.648 sampai 2.147.483.647
e)      Unsigned int : mempresentasikan data – data yang berupa bilangan bulat. Memiliki rentang antara 0 sampai 65.535 atau 0 sampai 4,294,967,295

3.       Kegunaan fungsi :
a)      Printf         : untuk menampilkan/mencetak karakter yang ditulis ke dalam layar.
b)      Scanf         : digunakan untuk mengambil input yang dimasukkan oleh user melalui keyboard.
c)       Puts           : digunakan untuk proses penulisan data berupa data string.
d)      Gets          : digunakan untuk proses pembacaan data bertipe karakter dan tidak dapat  digunakan untuk memasukkan data numerik.
e)      Getch        : digunakan untuk membaca data karakter. Karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan penekanan tombol enter. Tidak memberikan efek pergantian baris secara otomatis. Jika menggunakan fungsi getch() karakter yang dimasukkan tidak akan ditampilkan pada layer sehingga sering digunakan untuk meminta inputan berupa password.

4.       Terdapat dua buah jenis struktur yang digunakan untuk mengimplementasikan suatu percabangan, yaitu struktur if dan struktur switch. Statemen – statemen yang terdapat dalam sebual blok percabangan akan dieksekusi hanya jika kondisi yang didefinisikan terpenuhi (bernilai benar). Artinya, jika kondisi tidak terpenuhi (bernilai salah) maka statemen – statemen tersebut juga tidak ikut dieksekusi atau dengan kata lain akan diabaikan oleh compiler.

5.       Dalam bahasa C++, terdapat tiga buah jenis struktur pengulangan, yaitu struktur for, struktur while dan struktur do-while.
a)      For                 : struktur pengulangan jenis ini digunakan untuk melakukan pengulangan yang telah diketahui banyaknya. Untuk melakukan pengulangan dengan menggunakan struktur ini, diperlukan suatu variabel sebagai indeksnya. Namun perlu diperhatikan bahwa tipe data dari variabel yang akan digunakan sebagai indeks haruslah tipe data yang mempunyai urutan yang teratur, misalnya tipe data int (0,1,2,. . . .)
b)      While            : pengulangan yang melakukan pengecekan kondisi di awal blok struktur. Pengulangan hanya akan dilakukan jika kondisi yang didefinisikan di dalamnya terpenuhi.
c)       Do-while      : berbeda dengan struktur while yang melakukan pengecekan kondisi di awal blok perulangan, pada struktur ini kondisi justru ditempatkan di bagian akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis segala komentar, kritik, saran, pertanyaan atau apa aja lah, yang penting sopan. okeoke?